Temukan Hal Baru Bersama Kami

Jadi Guru Sehari, Menginspirasi Generasi Muda Negeri Indonesia

Jadi Guru Sehari, Menginspirasi Generasi Muda Negeri Indonesia

Setiap hari Senin, aktivitas di SDN 14 Menteng Atas selalu dimulai dengan upacara bendera yang diikuti oleh kurang lebih 400 siswa. Tapi ada yang berbeda dengan hari Senin, 5 Maret 2018 kali ini. Suasana upacara bendera di sana juga diikuti oleh 29 relawan program ‘Jadi Guru Sehari’, yang merupakan para karyawan dari berbagai profesi, yang sebagian besar adalah karyawan Kelompok Usaha Bakrie.

Menurut rilis yang diterima VIVA, Senin, 5 Maret 2018, program ‘Jadi Guru Sehari’ merupakan program yang melibatkan karyawan sebagai guru untuk dapat berbagi ilmu dan pengalaman yang mampu meningkatkan motivasi belajar dan semangat siswa dalam mencapai cita. Bakrie Amanah selaku pelaksana program ini mengajak rekan-rekan karyawan dari Kelompok Bakrie untuk turut serta sebagai relawan pengajar ataupun relawan dokumentasi.

Para relawan hadir sejak pukul 07.00 WIB untuk mengikuti upacara bendera, dan dalam kesempatan ini diwakili oleh Bayu Nimpuno yang juga merupakan karyawan PT Bakrie & Brothers. Ia menyampaikan maksud dan tujuan kehadiran relawan, yakni untuk berbagi ilmu dan pengalaman agar para siswa lebih semangat untuk belajar. Sambutan yang luar biasa ditunjukkan oleh Warsito selaku Kepala Sekolah dan para guru pengajar SDN 14.

Dalam kegiatan mengajar, para relawan dibagi dalam dua batch, yakni Batch 1 (08.00-08.45 WIB) dan Batch 2 (08.45-09.30 WIB), dengan mengisi 8 kelas yang terdiri dari 4 kelas tingkat 4 dan 4 kelas tingkat 5. Secara umum para pengajar memperkenalkan tentang dunia profesi mereka dan memberikan motivasi kepada para siswa untuk mengejar cita-citanya.

Beberapa tema juga diajarkan kepada anak didik, seperti pengenalan dunia pertambangan, praktik membuat struktur rangka bangunan, praktik pemilahan sampah, pengenalan dunia perkebunan kelapa sawit dan hasilnya, praktik menjadi news anchor, menghias cupcake dan berbagai tema lainnya.

Relawan yang terlibat dalam agenda ini, tidak semuanya menjadi tenaga pengajar, beberapa di antaranya menjadi relawan dokumentasi. Relawan yang terlibat dalam kegiatan ini diantaranya adalah karyawan dari PT Bakrie & Brothers, PT Bakrie Sumatera Plantations, Lapindo Brantas Inc., Universitas Bakrie, PT Bakrie Pesona Rasuna, PT Visi Media Asia, PT Bakrieland Development, PT EMP, PT Provices Indonesia, PT Arutmin dan beberapa lembaga non Kelompok Bakrie.

“Alhamdulillah, terima kasih kepada tim Bakrie Amanah atas kesempatan yang diberikan untuk menjadi bagian dari program relawan guru sehari. Semoga kegiatan serupa dapat terus berjalan dan lebih sukses lagi,” ucap John Basuki, relawan guru dari PT Lapindo.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sheila, relawan guru lainnya. “Terima kasih Yayasan Bakrie Amanah sudah memberi kesempatan kepada kita untuk ikut partisipasi dalam acara ‘Jadi Guru Sehari’ ini. Senang banget dan pengalaman yang sangat menarik. Semoga ke depannya dikasih kesempatan lagi di acara lainnya. Sukses terus Bakrie Amanah dan juga teman-teman relawan lainnya,” ujarnya.

Sebagai informasi, dalam kegiatan ini, seluruh siswa kelas 4 dan 5 yang berjumlah 235 anak juga mendapatkan paket makanan bergizi, yang terdiri dari biskuit, susu dan jus. Paket tersebut adalah donasi dari donatur Bakrie Amanah dan relawan yang terlibat dalam kegiatan ini.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *